Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Kiat Mengatasi Masalah Keuangan

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

mengatasi-masalah-keuangan
MENGATASI MASALAH KEUANGAN -- Uang menjadi permasalahan yang sering dikeluhkan orang. Problema keuangan seolah menjadi persoalan klasik yang tidak pernah selesai, berapapun penghasilan selalu saja kurang, Bagaimana mengatasi masalah keuangan yang demikian?  Apakah harus mencari tambahan penghasilan agar bisa mengatasi masalah Keuangan? Salah satu jawabannya mungkin begitu, namun bukan itu inti bagaimana mengatasi masalah keuangan. Intinya adalah bagaimana kita mengatur keuangan.

Mengatur keuangan menjadi satu langkah penting mengatasi masalah keuangan. Namun ini bukan perkara mudah. Selalu membosankan dan menjadi beban. Tetapi jika kita sudah bisa mengatur keuangan dengan baik, maka kita sudah bisa selangkah maju mengatasi masalah keuangan.


Cara Mengatur Keuangan

Terapis Ashley Rogers mengatakan, sebagian besar persepsi orang terhadap uang adalah terkait pemenuhan terhadap keamanan, kebebasan, kontrol, dan kebahagiaan. Seseorang mengaitkan uang dengan hukuman dan penghargaan (reward and punishment).

"Bila kita berpikir, 'saya akan membeli sesuatu untuk menghadiahi diri sendiri' dan kita tidak punya cukup uang, kita akan mulai panik dan berpikir kita tidak membeli apa-apa untuk diri sendiri. Kita berpikir tidak bisa menghadiahi diri sendiri. Kita merasa tidak bisa punya apa-apa," kata Ashley seperti dikutip dari eHow, Jumat (28/3/2014).

Untuk sebagian orang, uang adalah kebutuhan terpenting. Memiliki uang untuk pensiun berarti aman, tidak punya cukup uang untuk membayar tagihan membuat anda panik dan merasa tak aman. Memiliki gaji yang bagus dan mobil berarti sukses.

Pikiran seperti ini tidak diasosiasikan sebagai perspektif personal. Ketika membuat anggaran, banyak orang mmenempatkan uang ke hal yang menenangkan emosi mereka. Rogers mengatakan bila uang tak disalurkan ke hal yang menenangkan itu, kecemasan pun akan meningkat.

"Ada hal-hal emosional yang belum ditangani, lubang emosional yang belum diisi. Semua penganggaran anda diatur emosi dan bagaimana anda berpikir harus menjalani hidup anda," ujar Rogers.

Di samping itu, bila anda ingin membuat anggaran keuangan, anda harus menghadapi semua kemungkinan yang muncul. Rogers menyarankan untuk melepaskan semua emosi yang ada.

Sebenarnya, yang penting adalah mengatur keuangan tidak semisterius kelihatannya. Namun dalam keadaan di mana ekonomi tidak menentu, ada baiknya anda meninggalkan semua emosi yang ada dalam diri anda dan hadapilah kenyataan.

Nah itu adalah sekelumit tips untuk mengatasi masalah keuangan dengan jalan mengatur keuangan kita sendiri. Mungkin mengatur keuangan adalah hal yang mudah diucapkan dalam mengatasi masalah keuangan, namun tidak mudah dijalankan. Yang penting adalah komitmen untuk menjalankan sehingga kita bisa mengatasi masalah keuangan dengan baik.(#sumber:kompas)

Related Posts:

Post a Comment