Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Cara Budidaya Kroto Semut Rangrang

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

budidaya-kroto-semut
CARA BUDIDAYA KROTO SEMUT RANGRANG -- Makin semaraknya hobi burung berkicau membuat usaha bisnis kroto semut rangrang makin cerah. Seperti diketahui, kroto semut rangrang merupakan makanan favorit bagi berbagai jenis burung kicauan. Sayangnya suplai kroto semut rangrang untuk burung kicau ini awalnya sangat mengandalkan tangkapan alam, sehingga semakin banyak permintaan sulit untuk bisa dipenuhi. Melihat potensi ini Peluang Usaha budidaya Kroto Semut Rangrang makin cerah.

Bisnis budidaya kroto semut rangrang  sekarang tidak hanya di tekuni oleh beberapa orang yang memang benar benar ingin mendapatkan penghasilan dari ternak kroto. Bahkan dari kalangan orang berduit juga telah menekuni bisnis ini.

Telur semut rangrang atau yang lebih dikenal dengan nama KROTO ini sudah sangat familiar dimasyarakat terutama pemelihara burung kicauan dan juga peternak ikan . Kroto adalah salah satu  makanan favorit bagi burung berkicau, dan bisa dibeli di pasar -pasar yang menjual pakan burung. Selama ini kroto yang dijual dipasaran didapatkan dari tangkapan alam.

Para pencari kroto berburu kroto hingga kehutan-hutan untuk mencari telur semut ini dipepohonan yang tinggi.

Analisa Bisnis Kroto Semut Rangrang

Sebagai Ilustrasi Usaha ruangan 3 meter persegi mampu menampung 600 sarang dengan menggunakan 4 rak susun ukuran 1,5 x 1,5 x 0,5 meter sudah bisa memproduksi kroto segar kurang lebih 60 kg perbulan,artinya kita mempunyai pendapatan Rp. 6.000.000,- perbulan dengan asumsi harga kroto Rp.100.000,-

Dalam rangka mengoptimalkan pemanfaatan sumber daya lokal untuk menuju revitalisasi pertanian, maka Kroto Research Institute telah ikut berperan dalam menggali potensi yang ada di bumi Indonesia. Semut Rangrang merupakan plasma nuftah asli Indonesia dengan potensi cukup besar, oleh karena itu apabila diberdayakan dengan baik, terencana serta didukung oleh berbagai elemen dalam masyarakat maka sangat dimungkinkan untuk digunakan sebagai bahan baku industri dalam negeri atau produk ekspor dan untuk memperluas penyediaan lapangan kerja sekaligus memperbaiki pendapatan masyarakat .

Keuntungan Usaha Budidaya Kroto Semut Rangrang

Usaha budidaya kroto semut Rangrang memiliki banyak keuntungan dan kemudahan. Hal ini disebabkan usaha budidaya kroto semut  rangrang,merupakan usaha yang relatif mudah dilakukan. Karena itu perkembangan budidaya semut rangrang Belakangan ini berkembang pesat khususnya di wilayah Indonesia. Ada beberapa Keuntungan yang menyebakan usaha kroto semut rangrang cukup cerah :

  •  Dapat dibudidayakan di lahan yang sempit.
  •  Sangat mudah dalam melakukan pemeliharaan.
  • Bibit sangat mudah didapat.
  • Tidak membutuhkan Modal yang besar.
  • Teknologi Budidaya mudah dikuasai.
  • Harga kroto yang relative stabil bahkan cenderung naik.
  • Permintaan kroto yang terus meningkat.
  • Sangat mudah dalam pemasaran.

Itulah beberapa analisa mengenai budidaya kroto semut rangrang dengan berbagai keuntungannya. Yang diperlukan dalam usaha budidaya kroto semut rangrang adalah ketekunan dan keseriusan usaha. Karena peluang usaha budidaya kroto rangrang cukup cerah.(#majalahbisnis).

Related Posts:

Post a Comment