Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Segarnya Bisnis Kedai Kopi

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

Minum kopi sambil sekedar kongkow atau membicarakan permasalahan penting menjadi trend dan gaya hidup yang banyak dilakukan manusia modern bahkan semenjak jaman dahulu kala. Hanya saja format Kedai kopi dari zaman ke zaman selelu berubah. Tak Heran jika peluang bisnis Kedai Kopi diselingi dengan makanan ringan tetap menempati posisi yang cukup bagus untuk ditekuni. Format kedai kopi dari sekedar warung sampai format tambahan free hotspot banyak ditemukan. Meski banyak bisnis kedai kopi dijalankan orang peluang bisnis ini cukup terbuka lebar.

Hal ini dibuktikan dengan semakin banyak kedai kopi bermunculan dan menyesaki mal-mal di berbagai kota besar. Jumlah kedai kopi semakin bertambah seiring dengan permintaan tempat nongkrong yang nyaman. Karena bisnis kedai kopi ini adalah masalah cita rasa dan suasana maka perlu kreativitas di dalam mengemasnya.

Salah satu kreatifitas itu diekspresikan oleh Bagus Agung Pribadi melalui brand Starblend Coffee.Dia ingin menciptakan kedai kopi lokal yang tak kalah aroma dan rasanya dibanding dengan kedai kopi asing.Akhirnya muncullah merek produk minuman kopi Starblend Coffee yang berdiri sejak medio 2009 lalu.

Dia sengaja menciptakan gerai kopi yang lebih merakyat dengan menawarkan harga jual kopi yang sangat terjangkau, Rp 5.000 per gelas. Bagus mengklaim, rasa kopi racikannya tak kalah dengan rasa kopi merek terkenal yang ada di mal. Kopinya kental, bisa ditambah topping es krim dan krim di atasnya.

Jenis minumannya pun beragam. Ada sekitar 18 pilihan rasa, seperti rasa moccacino latte, hazelnut coffee cream, espresso mint coffee, dan lychee coffee cream.

Ternyata, pasar menyambut baik bisnis kopi bikinan Bagus. Saat ini dia telah memiliki 10 gerai di sekitar Bandung dan Subang, Jawa barat. Setelah ada bukti penerimaan pasar, Bagus berani menawarkan sistem kemitraan bagi masyarakat sejak awal 2010. Strategi bisnis dengan sistem Waralaba/Franchise ini dipandang cukup efektif untuk memajukan bisnisnya.

Bagus mengatakan, sudah ada lima mitra yang akan segera memulai bisnis gerai kopi Starblend Coffee. "Salah satu mitra akan mulai buka di Karawaci Tangerang akhir bulan April 2010 ini," kata Bagus.

Jika Anda berminat menjadi mitra, Bagus menawarkan biaya franchise Rp 8 juta. Dengan duit segini, mitra sudah mendapat fasilitas konter berukuran 1,2 meter x 1 meter, perlengkapan konter seperti blender, mikser, kotak es, bahan baku awal sebanyak 20 kilogram (kg) kopi dan brosur promosi.

Siapkan SDM yang baik

Bagus memberlakukan biaya manajemen dalam kerjasama kemitraan ini. Besaran biaya manajemen tergantung dari perolehan penjualan bersih mitra (omzet) per bulannya. Untuk omzet di bawah Rp 5 juta, mitra tidak perlu membayar biaya manajemen. Untuk mitra beromzet di atas Rp 5 juta–Rp 7,5 juta, Bagus mengenakan biaya manajemen sebesar 5%.

Bila omzet mitra per bulan di atas Rp 7,5 juta–Rp 10 juta, terkena biaya manajemen sebesar 7,5%. "Biaya manajemen untuk omzet di atas itu sebesar 10%," kata Bagus.

Bagus menjanjikan mitra bisa balik modal dalam waktu tujuh bulan, dengan asumsi perolehan omzet sekitar Rp 9 juta per bulan. Malah, beberapa cabangnya sudah terbukti balik modal lebih cepat, yaitu sekitar tiga bulan. Laba bersih cabangnya itu sekitar Rp 2,5 juta per bulan.

Konsultan wirausaha A. Khoirussalim berpendapat, usaha gerai kopi instan seperti ini tetap memiliki potensi yang besar. Mengingat, penikmat kopi di Indonesia sudah cukup banyak.

Tapi, yang perlu diperhatikan adalah kesiapan sistem dari sumber daya manusia (SDM), baik dari pemilik maupun mitra usaha. Sebab, menerjuni usaha dengan modal rendah akan sulit bertahan tanpa ada dukungan dari SDM dan sistem yang baik.

Mitra juga harus benar-benar mencermati pelatihan pegawai yang diadakan pemilik usaha. "Karena dengan terus meningkatkan kemampuan SDM, maka kualitas usaha akan terus terjaga," kata Khoirussalim.

Alamat: Starblend Coffee
Jl. Otto Iskandardianta
Nomor 176, Subang.
Telepon 081912605757



Sumber:
http://weekend.kontan.co.id/post/rubrik/peluang_usaha/6689/ajakan-buka-gerai-starblend-coffee


Related Posts:

3 comments:

  1. Peluang usaha yang bagus dengan bisnis ini...
    Mungkin Selain itu tempatnya dibuat senyaman mungkin misalnya buat nongkrong,rapat,Atau yang lain nya, apalagi ditambah fasilitas yang mendukung lain nya...

    ReplyDelete
  2. Bagi Anda yang berminat untuk memulai bisnis kopi dengan konsep small cafe, silakan menghubungi saya di:
    08998873805
    (Thio Teddy)
    Business Development
    SAECO Indonesia
    marketing@saeco-id.com
    retail@saeco-id.com
    www.mesinkopisaeco.com

    Kami adalah distributor resmi mesin kopi SAECO (kini telah bekerja sama juga dengan Starbucks Indonesia), yang siap membantu Anda mengembangkan usaha baru, maupun bagi Anda yang ingin mengekspansi pasar dengan mempercantik bisnis Anda yang sudah ada dengan konsep coffee beverages.


    Salam Sukses!!
    =D
    Ku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor HP saya telah diganti..
      Silakan menghubungi saya di 083817368373
      Thanks.

      Teddy

      Delete