Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Ini Prospek Usaha Kecil Yang Menguntungkan

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

BISNIS KECIL MENGUNTUNGKAN - Ketika akan memilih usaha yang dijalani, pertanyaannya  biasanya apakah bisnis ini menguntungkan, apakah bisnis ini menjanjikan, bagaimana prospeknya dan berbagai pertanyaan sejenis. Tidak hanya bisnis kecil bisnis skala besar juga akan dihadapkan pada pertanyaan-pertanyaan seperti ini. Lantas bisnis usaha kecil apa saja yang kira-kira menguntungkan?

Berikut ini akan dipaparkan beberapa jenis bisnus usaha kecil yang memiliki peluang bagus dan kemungkinan besar menguntungkan.
1.Bisnis Bidang Kuliner
Salah satu bisnis skala usaha kecil yang  menjanjikan untuk mencapai sukses adalah UKM bidang kuliner. Kuliner yang berkaitan dengan makanan ini memang akan selalu dicari setiap orang untuk memenuhi kebutuhan pokoknya. Maka dari itu bisnis UKM dibidang kuliner ini tak akan pernah mati jika Anda mampu mengerjakannya dengan baik. Bisnis usaha kecil di bidang kuliner ini sendiri ada banyak macamnya, sebut saja kuliner makanan ringan (camilan), minuman, hingga makanan pokok. Dan semua kategori bisnis kuliner tersebut sama-sama memiliki peluang dan prospek yang bagus untuk Anda jalankan sebagai usaha skala besar atau skala kecil (UKM).

UKM dibidang kuliner yang telah mencapai sukses sendiri sudah banyak. Pada jenis kuliner camilan kita bisa menyebut keripik Maicih kreasi Reza Nurhilman. Pada jenis kuliner minuman kita bisa menyebut es teler 77 milik Munriati dan pada jenis kuliner makanan poko ada Pecel Lele Lela yang dikreasikan oleh Rangga Umara. Ketiga contoh bisnis kuliner diatas memang telah mencapai kesuksesannya bila sekarang mau meniliknya dari omset dan jumlah cabangnya. Meski sepertinya tidak seperti kelas UKM jika dilihat kondisinya sekarang, namun perlu Anda tahu bahwa ketiganya memulai usahanya ini dari skala kecil atau UKM.

2. Bisnis Fashion
Jika Anda tidak tertarik dengan dunia kuliner maka Anda bisa melirik jenis UKM yang berikutnya yaitu UKM di bidang fashion. Usaha dibidang fashion ini juga memiliki peluang yang besar untuk sukses karena pakaian termasuk salah satu kebutuhan pokok atau primer yang akan selalu dicari manusia. Apalagi saat ini pakaian yang terus mengalami perkembangan mode, maka hal ini akan berimbas pada dunia fashion yang akan membuatnya semakin berkembang.

Jenis-jenis bisnis fashion sendiri ada banyak jumlahnya. Sebut saja fashion pada kategori pakaian pria atau wanita, fashion pakaian muslim, fashion pakaian model korea, dan masih banyak lagi. Jika mau membahas satu contoh kita bisa menyebut brand Jilbab Rabbani yang telah sukses menjalankan bisnisnya dari skala kecil (UKM).

Dengan memfokuskan pada para wanita muslimah, Jilbab Rabbani menghadirkan fashion muslimah yang bernilai dan bermutu. Dalam menjalankan bisnisnya ini Jilbab Robbani sendiri menerima para pengecer (reseller) untuk mendapatkan keuntungan dari penjualan produk mereka. Tidak hanya Jilbab Rabbani, saat ini sendiri sudah banyak suplier brand fashion yang menawarkan sistem penjualan dengan cara reseller ataupun dropship. Dari sini kita pun bisa menjalankan bisnis meski dengan modal yang relatif kecil.

3. Bisnis Di Bidang Pendidikan
ila Anda memiliki minat dan kegemaran pada bidang pendidikan, maka Anda bisa membuka bisnis UKM di bidang pendidikan. Pendidikan yang semakin tahun semakin menuntut keseriusan dan menjadi kebutuhan untuk bisa menyongsong masa depan yang lebih cerah membuat banyak orang mengejar pendidikan ini dengan tingkat yang setinggi-tingginya. Maka dari sini akan banyak peminat dari masyarakat yang untuk mendapatkan pendidikan.

Untuk skala kecil (UKM) bisa jadi Anda akan kesulitan untuk membuka sekolah dan universitas yang membutuhkan dana yang besar. Namun peluang Anda belum tertutup bila Anda hanya memiliki modal sedikit untuk membuka usaha dibidang pendidikan ini. Bagaimana caranya? Anda bisa membuka tempat kursus atau bimbingan belajar (bimbel) dan lembaga pendidikan non formal lainnya. Lembaga-lembaga non formal ini memang tidak akan membuat Anda harus mengeluarkan dana besar untuk memulainya.

Salah satu contoh bisnis dibidang pendidikan yang kini sukses dari usaha awalnya dengan skala kecil (UKM) adalah Ganesha Operation (GO). Lembaga pendidikan yang dipelopori oleh Bob Foster ini memang telah sukses menjadikan bimbingan belajarnya sebagai yang terdepan di Indonesia. Contoh lain adalah Robota Robotics School yang merupakan lembaga pendidikan robot terbesar di Indonesia yang mulai menyebar ke ke seluruh masayarakat Indonesia. Selain Ganesha Operation dan Robota Robotics School ada juga International Language Program (ILP) yang merupakan lembaga pendidikan bahasa Inggris. ILP yang kini menawarkan kemitraan dalam bisnis waralaba juga mengawali usahanya dari skala kecil (UKM).

4. Peluang Usaha Agrobisnis
Indonesia yang tanahnya sangat subur tentu merupakan modal yang bagus untuk Anda mengembangkan UKM dibidang agrobisnis. Agrobisnis sendiri adalah usaha dibidang pertanian, perkebunan dan peternakan. Dengan meyediakan lahan yang Anda miliki, Anda tinggal membeli bibit tanaman atau hewan yang harganya tak terlalu mahal dan menanamnya atau memeliharanya untuk kemudian dirawat dan akhirnya menghasilkan keuntungan dari panen yang melimpah. Beberapa hasil dari UKM agrobisnis ini sendiri adalah padi, sayur-mayur, buah-buahan dan hasil peternakan yaitu berupa daging , telur atau susu. Dari hasil UKM agrobisnis ini akan terlihat bahwa produknya akan selalu dicari oleh konsumen.

Jadi Anda tak perlu khawatir terkait pangsa pasarnya. Yang perlu Anda seriusi untuk bisa menjadikan bisnis ini sukses adalah kualitas dari produk agrobisnis yang dihasilkan. Salah satu contoh bisnis agrobisnis yang telah mencapai kesuksesan adalah kemchick milik Bob Sadino. Diawali dari bisnis biasa (UKM), Bob Sadino kini telah berhasil mengembangkan Kemchick menjadi bisnis yang bertaraf dan berkualitas modern yang cabangnya tersebar dibanyak tempat.

5. Usaha di Bidang Otomotif
Jika anda memiliki hobi dan sangat suka dengan dunia otomotif, mengapa tidak membuka bisnis UKM dibidang otomotif saja. Dengan kegemaran yang Anda miliki Anda bisa menjadikan bisnis ini berhasil dan sukses. Dengan adanya pertumbuhan dan perkembangan bidang otomotif di Indonesia maka membuat para konsumennya semakin tahun semakin besar, Anda bisa memulainya dari kecil dulu.

Seperti yang dilakukan beberapa perusahaan berikut yang mengawali karirnya dengan Usaha Kecil Menengah seperti : AHRS (Asep Hendro Racing Sport) juga mengawali bisnis ini dari kecil (UKM). Selain menyediakan spare part, Anda juga bisa menjalankan UKM dibidang otomotif ini dengan menjual jasa cuci kendaraan, menjual helm dan perlengkapan berkendara atau juga membuka bengkel dan lain sebagainya.

Related Posts:

Post a Comment