Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Budidaya Ikan Gabus Pakan Pelet

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

BUDIDAYA IKAN GABUS -- Jenis ikan yang satu ini menjadi salah satu komoditas perikanan air tawar yang banyak digemari. Selain dikonsumsi sebagai makanan yang enak, Ikan Gabus juga dipercaya membantu mempercepat penyembuhan luka pasca operasi. Ikan gabus yang bisa tumbuh besar hingga lebih dari 1 kilogram ini lebih banyak diperoleh dari tangkapan alam. Untuk ikan gabus hasil budidaya masih relatif jarang. Karena itu peluang bisnis untuk usaha budidaya ikan gabus ini masih cukup bagus.

Beberapa kendala yang ditemui pada budidaya ikan gabus ini adalah masalah pembibitan yang masih mengandalkan tangkapan dari alam liar. Sebagai ikan predator yang memakan ikan atau makhluk hidup kecil lainnya, ikan gabus menjadi lebih sulit untuk dibiasakan memakan pakan buatan seperti pelet.

Namun demikian bukan berarti budidaya ikan gabus dengan pakan pelet tidak bisa silakukan. Salah satu yang sudah menekuni bisnis budidaya ikan gabus dengan pakan pelet ini adalah Andhi Raharjo, warga Bantul Yogyakarta. Dengan Bendera Andhi Fish Farm , Andi menjadi pensuplai bibit ikan gabus siap makan pelet dan dibudidayakan di kolam atau bak semen.

Pemijahan Ikan Gabus Secara Alami

Agar bibit ikan gabus ini siap makan pelet, Andi melakukan pembiasaan dari anakan ikan gabus dengan makanan pelet. Untuk pemijahan ikan gabus indukannya berasal dari tangkapan alam dan kemudian memijah sendiri.  Anakan ikan gabus itu yang dilatih memakan pelet.
Untuk Induk Ikan  gabus dipelihara secara polikultur dengan Ikan nila di kolam sawah. Menurut Andi  ada 50 ekor induk Ikan Gabus yang ia miliki, dengan rasio jantan : betina sebesar 1:3 – 1:4. Polikultur ini bisa dilakukan karena ikan gabus selalu berada di dasar kolam, sedangkan nila lebih suka berada di permukaan.

Bibit Ikan Gabus

Menurut andi, anakan Ikan Gabus yang masih berupa  larva diambil dari kolam setelah mencapai rata-rata panjang 1 cm dan diameter 3–5mm. Pakan yang diberikan berupa cacing sutera yang membuat anaka ikan gabus  cepat besar hingga mencapai panjang 3 -4 cm hanya dalam 2 minggu.

Setelah itu, benih gabus diberi pakan pelet apung khusus benih secara bertahap hingga umur 1 bulan. Saat itu sekaligus sebagai ‘seleksi’ alam karena 20–30% benih tak mampu menyesuaikan dan mati. Pada umur sebulan, benih telah berukuran 5-7 cm, dan siap dipindahkan ke kolam pembesaran atau dijual dengan harga Rp 1.000/ekor.

Pembesaran Ikan Gabus

Untuk bisa membesarkan ikan gabus hingga ukuran jumbo, menurut Andi ada beberapa tips yang bisa dilakukan. Beberapa cara budidaya ikan gabus adalah kolam untuk budidaya  harus dalam dengan kedalaman minimal 80 cm.
Selain itu dalam budidaya ikan gabus kondisi air harus tenang,sesuai dengan habitat di alam aslinya. Untuk kondisi air yang bagus untuk budidaya ikan gabus  berwarna keruh/kehijauan karena ikan gabus suka hidup di dasar air yang gelap.  Selain itu jarak permukaan air dengan bibir kolam harus tinggi karena ikan gabus besar suka melompat.

Kepadatan tebar Ikan gabus di kolam yang optimal adalah 30 ekor/m2. Ikan gabus yang dibesarkan dari ukuran 5-7 cm dalam waktu 5-6 bulan akan menghasilkan ukuran panen 5 ekor/kg. Dengan perawatan dan kondisi air yang  bagus serta  pakan yang  cukup, daya tahan hidupnya bisa mencapai 90%.

Related Posts:

Post a Comment