Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Bisnis Batok Kelapa Membawa Untung

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

Peluang Bisnis batok kelapa atau arang kelapa nampaknya akan menjadi bisnis yang cukup menguntungkan. Selama ini  Batok Kelapa atau tempurung kelapa biasanya hanya menjadi limbah bagi sebagian masyarakat. Kebanyakan batok kelapa memang hanya dibuang saja, tetapi sebenarnya batok kelapa bisa dimanfaatkan untuk berbagai macam keperluan. Diantaranya sebagai bahan kerajinan, bahan pembuat alat rumah tangga, arang aktif sebagai penyaring air,bahan bakar hingga obat nyamuk. Peluang bisnis arang ini lumayan terbuka untuk ditekuni.

Menurut data dari Departemen Koperasi Usaha Kecil dan menengah, permintaan batok kelapa DKI Jakarta dan Provinsi Jawa Barat sangat tinggi, meski pedagang pengumpul di Kabupaten Lampung Selatan memasok dalam jumlah besar belumlah mencukupi. Batok kelapa ini dibutuhkan oleh perusahaan industri anti-nyamuk bakar, usaha informal, dan industri kerajinan di dua provinsi itu.

Selain itu Arang tempurung kelapa atau biasa disebut arang batok sepertinya sedang jadi primadona di dalam dan luar negeri. Faktanya, harga pasaran arang batok ini terus meningkat 100% sejak 5 bulan yang lalu. Kini, bila masuk ritel, harga arang batok mencapai Rp 20.000 per kilogramnya.

Fakta ini disampaikan pemain arang batok Andri Setiawan yang menggeluti bisnis ini untuk kemudian didistribusikan ke restoran-restoran. Menurutnya, arang batok masuk kategori primadona karena fungsinya yang beragam. Tak ayal, banyak orang yang mencari arang batok untuk kemudian dibisniskan kembali.


Sumber:
- Sentra UKM
- Kontan

Related Posts:

Post a Comment