Peluang Usaha


Powered by Blogger.

Usaha Dari Rumah Budidaya Ikan Guppy

Posted by Info Peluang Usaha dan Bisnis

BUDIDAYA IKAN GUPPY -- Ternyata banyak peluang usaha bisa dilakukan dari rumah, modalnya pun hanya menggunakan ember plastik yang biasa kita pakai. Itulah yang dilakukan Yudi Kasim, warga Kasihan Bantul Yogyakarta. Hasil budidaya Ikan Guppynya telah melebar ke berbagai kota di luar Yogyakarta. Dalam usaha budidaya ikan Guppy , Yudi memang tidak hanya menggunakan ember plastik tetapi juga akuarium.



Beragam ikan Guppy berbagai jenis seperti Dragon, Moskow Blue, German Tuxedo White Tail dan Blue Grass berhasil ia budidayakan. Dalam usaha budidaya ikan Guppy ini, selain mengawinkan ikan Guppy dari strain yang sama, Yudi juga melakukan kawin silang antar strain sehingga menghasilkan ikan Guppy yang berbeda dengan yang ada di pasaran. Menurutnya, menjodohkan guppy siap kawin dalam satu wadah dapat menerapkan satu jantan dan lima betina atau kelipatannya. Selain itu bisa juga pejantannya dapat ditambah sampai dua ekor. “Rata-rata setiap 21 hari, betina guppy akan beranak minimal 100 ekor.

 Anakan sebaiknya dipisah, karena indukan bersifat kanibal. Tapi kalau tempat penangkarannya luas dan ada tanaman-tanaman airnya, bisa tidak dipisah,” papar Yudi. Ditemui di lokasi pembudiyaan ikan guppy-nya kawasan Ngestiharjo, Kasihan, Bantul, Yudi menjelaskan, apapun tempat pemeliharaan guppy diusahakan untuk mampu menjaga kualitas airnya. Adanya tanaman air seperti ekor kunci diharapkan mampu mendukung kualitas air, karena dapat membantu menyerap zat-zat racun di air. Selain itu dapat untuk bersembunyi anakan-anakan guppy.

Kualitas air akan lebih bagus lagi jika dilengkapi mesin aerator yang dapat membantu menghilangkan gas-gas dalam air serta mendukung sirkulasi udara. Sedangkan penambahan piranti filter menjadikan air terjaga kejernihannya. “Rata-rata tiga hari sekali kotoran di tempat membudidayakan guppy perlu disedot. Jika bisa sehari sekali lebih bagus juga. Air lama dengan disisakan sekitar 25 persen saja lalu ditambah air baru,” jelas Yudi.

 Guppy dengan strain masih asli atau belum dikawinsilangkan, sebutnya, dihargai lebih mahal. Strain asli Dragon termasuk yang masih mahal, yaitu dibanderol Rp 400.000/pasang (sudah dewasa). Strain Fullred Taiwan Rp 350.000/pasang dan strain Multi Colour Kobra dengan harga Rp 50.000/pasang. Lain halnya dengan indukan strain campuran/silangan, rata-rata Rp 15.000/pasang.

 Peluang usaha memang bisa muncul dari mana saja dan bisa dilakukan dari rumah dengan sarana apa adanya. Namun demikian hasil dari usaha rumahan ini mampu menjadi tumpuan kehidupan. Selamat mencoba. (#krjogja).

Related Posts:

Post a Comment